Museum Ullen Sentalu: Batik & Budaya Jawa

17/10/2010 02:21

Apakah Anda termasuk salah satu penggemar Batik baik itu mulai dari motif kain batik yang menawan, desain baju batik klasik maupun modern, hingga pernak-pernik batik? Jangan lupa untuk singgah ke Museum Ullen Sentalu. Museum yang mengisahkan sejarah batik lengkap dengan sejarah budaya Jawa, sebagai salah satu budaya yang amat berpengaruh pada lahir & perkembangan Batik.

 

Dimanakah Museum Ullen Sentalu ini berada?
Museum Ullen Sentalu diresmikan pada tanggal 1 Maret 1997 oleh KGPAA Paku Alam VIII yang pada saat itu menjabat sebagai Gubernur DIY. Sementara dilihat dari katanya, Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa: "ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku" yang artinya "Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan".

Filsafah ini diambil dari sebuah lampu minyak yang dipergunakan dalam pertunjukan wayang kulit yang merupakan cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup kita.

Di Museum Ullen Sentalu, kita bisa menjumpai silsilah & sejarah Kraton Jogjakarta & Surakarta, serta bagaimana para leluhur Jawa membuat Batik yang memiliki arti dan makna yang mendalam di dalam setiap coraknya. Ada juga berbagai sejarah mengenai keadaan budaya Jawa kuno dengan segala aturannya. Keadaan museum yang dibangun dengan baik, mampu membuat pengunjung seperti terserap ke masa Jawa kuno yang mengagumkan.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Museum Ullen Sentalu, maka Anda akan dimanjakan oleh eksotika tempo dulu mulai dari desain gedung tua yang terlihat natura & memiliki total 7 ruangan termasuk pintu masuk (Entrance), Guwo Selo Giri serta 5 ruangan yang terdapat dalam Kampung Kambang.

Saat berada di ruangan khusus batik, Anda akan menjumpai kain-kain batik yang telah tertata rapi dalam lemari-lemari kayu, yang menyuguhkan keindahan motif batik klasik yang tetap diminati hingga saat ini. Beberapa ruangan lainnya seperti ruangan khusus Putri Tinneke yang menyajikan puisi-puisi atau surat-surat yang diterima Putri cantik ini selama hidup hingga akhir hayatnya. Yang tak kalah menarik adalah pada akhir perjalanan, Anda akan mendapat sajian minuman yang dipercaya bisa membuat awet muda