DEFINISI BATIK

17/10/2010 02:18

Sejak Batik dikukuhkan oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 yang lalu, sebagai warisan budaya dunia (bukan benda) yang berasal dari Indonesia, antusiasme akan Batik semakin meningkat. Akan tetapi, apa sebenarnya pengertian atau definisi dari batik itu sendiri?

Dari segi pengerjaannya, perngertian kata benda dan penggunaannya, Batik bisa disebut sebagai kain bercorak. Kata "batik" berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa yaitu "amba", yang bermakna "menulis" dan "tik" atau "titik" yang bermakna "titik", yang artinya berkaitan dengan pekerjaan halus, lembut, dan kecil serta mengandung unsur keindahan.

Secara etimologis, Batik berarti menitikkan malam dengan canting sehingga membentuk corak yang terdiri atas susunan titikan dan garisan.

Dari segi kata benda, Batik merupakan hasil penggambaran corak di atas kain dengan menggunakan canting sebagai alat gambar dan malam sebagai zat perintang, yang berarti bahwa Teknik Batik merupakan penerapan corak di atas kain melalui proses celup rintang warna dengan malam sebagai medium perintangnya.

Dengan lebih mengenal arti batik, bikin kita makin Cinta Batik bukan?

 (Source: Indonesia Indah Buku ke-8 'Batik'/ BP3 TMII & Wikipedia)